Read more : http://www.wakrizki.net/2011/03/membuat-effek-zoom-gambar-di-blog.html#ixzz1PJMAYpiS

Mengenal Daerah Sekitar Kota Malang


WILAYAH UTARA

Dibatasi oleh Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang. Yang termasuk wilayah Kabupaten Malang adalah Kecamatan Singosari dan Lawang sedangkan Purwosari, Bangil dan Pandaan Timur termasuk wilayah Kabupaten pasuruan. ketiga wilayah ini masih termasuk ke dalam eks Karesidenan Malang yang sekarang merupakan wilayah kerja Pembantu Gubernur di Malang.

= Singosari = pada masa lalu adalah pusat pemerintahan Kerajaan Singosari namun pada saat ini hanya meliputi sebuah Kecamatan di bawah Kabupaten Malang. Singosari yang memiliki kekayaan peninggalan purbakala cukup dikenal luas diseluruh Indonesia dan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Singosari juga berkembang pesat dibidang perdagangan lokal karena sejak lama menjadi daerah pemasaran hasil pertanian, perikanan dan peternakan. Singosari juga menjadi salah satu pusat kegiatan pendidikan keagamaan Islam yang cukup maju dan terkenal terbukti dengan banyaknya perguruan Islam dan pesantren. Salah satu perguruan pendidikan dan pesantren yang terkenal adalah Perguruan Ilmu Al-Quran.

= Lawang = pada masa kolonial adalah salah satu tempat peristirahatan dan perkebunan di lereng gunung Arjuno. Pada saat ini Lawang adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Malang yang masih cukup banyak menyimpan bangunan warisan kolonial. Lawang juga menjadi pusat perdagangan lokal dan merupakan lokasi perkebunan teh berskala nasional. Kondisi geografis dan lokasinya yang strategis menjadikan Lawang sebagai salah satu tempat di Jawa Timur yang ideal untuk stasiun transmisi radio.

= Purwosari = adalah sebuah Kota Kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan yang sangat strategis karena terletak di perbatasan dua wilayah dengan Kabupaten Malang serta merupakan persimpangan utama menuju ke arah Pasuruan, Pandaan / Surabaya dan Malang. Purwosari merupakan pusat perdagangan lokal dan merupakan daerah berpenduduk muslim yang taat karena banyak yang keturunan etnik Madura. Purwosari juga dikembangkan sebagai daerah industri serta pemukiman karena letaknya yang berada di tengah Jawa Timur.

= Bangil = sebagaimana Purwosari, warga Bangil terkenal sebagai daerah santri karena populasi etnik Madura cukup banyak. Letak Bangil cukup strategis berada tepat di mulut jalan tol Surabaya - Malang yang merupakan tembusan utama ke Pasuruan. Dengan posisinya sebagai lintas utama jalur utara ke wilayah timur Jawa Timur maka Bangil memiliki potensi yang cukup besar sebagai daerah transit menuju ke berbagai obyek wisata di sekitar Pasuruan dan Pandaan serta Malang. Bangil juga diproyeksikan sebagai daerah pengembangan perindustrian dan pemukiman di dataran rendah Jawa Timur.

= Pandaan = sejak jaman kolonial dikenal sebagai salah satu daerah perkebunan dan pusat peristirahatan. Letaknya yang dekat dengan Surabaya di lereng gunung Arjuno dan Welirang yang kaya pemandangan alam menjadikan wilayah ini sebagai pusat wisata. Pada masa sekarang Pandaan sangat terkenal dengan pusat wisata Tretes-nya. Sebagai pusat industri wisata dan peristirahatan Tretes adalah salah satu primadona wisata Jawa Timur yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. berbagai fasilitas wisata seperti Hotel, Restoran, pusat hiburan dan belanja berkembang pesat di wilayah ini.

WILAYAH TIMUR

Dibatasi oleh punggungan Tengger dan Semeru menjadikan wilayah sebelah timur Kota Malang ini kaya pemandangan alam dan menjadi daerah perkebunan yang sangat maju. 2 primadona wisata Jawa Timur ada di kawasan ini yaitu berada dalam lingkup Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo yang terkenal dengan upacara Kasodo dan kaldera terluas di dunia berupa padang pasir serta gunung Semeru dengan 3 telaga alam serta merupakan puncak tertinggi Pulau Jawa. Perbatasan utama wilayah ini adalah Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

= Purwodadi = sejak jaman kolonial telah dipakai sebagai pusat penelitian pertanian dan botani. Posisinya yang berada di tengah daerah perkebunan yang sangat maju di Jawa Timur sangat strategis sebagai laboratorium ilmiah. Laboratorium alam botani Purwodadi memiliki keistimewaan sebagaimana kebun Raya Bogor dan sampai saat ini masih terus dipertahankan. Secara umum warga Purwodadi lebih banyak menjalankan aktifitasnya di daerah Purwosari baik itu dalam bidang perdagangan / ekonomi maupun pendidikan karena di purwodadi tidak terdapat fasilitas umum seperti pasar yang memadai.

= Nongkojajar = adalah salah satu daerah pusat perkebunan tanaman keras seperti kopi, cengkeh, durian alpukat, mangga, jeruk, tebu. semangka, melon dan apel. Tidak sedikit diantaranya terdapat tanaman palawija seperti kentang, kol, kobis, selada dan berbagai tanaman pokok ubi2an seperti ketela dan singkong. Sebagai dataran tinggi dengan iklim yang mirip dengan daerah Batu maka Nongkojajar adalah salah satu pusat perkebunan / agroindustri dan peternakan yang maju. Letaknya yang lebih dekat dengan ibukota propinsi (Surabaya) menjadikan Nongkojajar sebagai pilihan lain untuk pusat industri.

= Jabung = dikenal sebagai daerah pemusatan kekuatan militer di Jawa Timur. beberapa kekuatan utama Kodam dan TNI AU berada di wilayah ini. Secara umum warga Jabung lebih banyak bekerja sebagai petani, buruh dan pedagang di Singosari, Tumpang dan Malang. Jabung juga merupakan jalan tembus dan persimpangan yang cukup ramai bagi daerah Nongkojajar dan Tumpang menuju Malang.

= Tumpang = adalah salah satu pusat kegiatan agroindustri dan peternakan. Tumpang adalah pasar utama daerah perkebunan di wilayah lereng tenggara gunung Bromo dan lereng barat gunung Semeru. Tumpang juga merupakan salah satu petilasan purbakala di jaman Singosari yang cukup terkenal.

= Gubug Klakah dan Poncokusumo = kondisi alamnya sangat mirip dengan Nongkojajar dans aat ini telah menjadi saingan utama Batu dalam hal produksi palawija dan buah2an terutama melon / semangka, jeruk dan apel sedang palawija yang menjadi primadona adalah kentang. Umumnya masyarakat adalah petani dan pedagang namun dengan mulai masuknya berbagai industri menyebabkan banyak diantara penduduk seytempat beralih profesi sebagai buruh dan karyawan. Bersama dengan Tumpang wilayah ini adalah tempat transit utama menuju ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari arah Kota Malang.

= Ngadas = adalah bagian dari masyarakat Tengger, kebanyakan memeluk agama Hindu - Budha yang memiliki ritual berbeda dengan masyarakat Tengger di kawasan Utara (Ngadisari Pasuruan - Probolinggo) sehingga sangat khas dan unik. Kebanyakan bekerja sebagai petani ladang yang memproduksi palawija terutama kentang dan sayur mayur. Ngadas adalah persinggahan / shelter pertama dalam rute wisata ke kawasan gunung Bromo (lewat Jemplangan) dan gunung Semeru lewat Ranupane.

= Ranupane = adalah salah satu desa tertinggi di Indonesia karena terletak di atas ketinggian 2.000 m. ranupane adalah pintu gerbang utama menuju kawasan Taman Nasional Gunung Semeru. Pemandangan alamnya sangat menakjubkan dengan adanya 3 danau alam yang sangat terkenal yaitu Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Gumbolo. Penduduk umumnya memeluk agama Hindu - Budha Tengger karena merupakan bagian dari masyarakat Tengger, namun ritual masing2 sangat berbeda dengan masyarakat Ngadas maupun Ngadisari. Belakangan di wilayah ini mulai masuk ajaran agama Islam yang terus berkembang pesat hingga saat ini telah terdapat Masjid di dukuh Gedag Asu. kebanyakan penduduk bermatapencaharian sebagai petani ladang dengan produksi utama palawija terutama kentang dan sayur mayur.

WILAYAH SELATAN

Adalah dataran rendah kapur (pegunungan kapur selatan) yang sebagian merupakan wilayah pertanian dan sebagian lagi kawasan tandus perkebunan jati milik Perhutani. Kawasan pantai selatan memiliki kekayaan pemandangan yang sangat terkenal sehingga banyak pantai wisata tersebar di dareah ini. Terutama karena sifat vegetasi pesisir selatan Jawa yang kebanyakan berupa hutan tropis heterogen berair payau dengan sebagian sebaran mangrove. Kegiatan utama wilayah ini selain perdagangan dan pertanian adalah penambangan kapur untuk kepentingan industri lokal.

= Bululawang, Wajak, Turen, Gondanglegi hingga Lumajang = secara umum masyarakat di daerah luar (sebelah utara punggungan kapur) kebanyakan beretnik Madura terutama wilayah timur utara dengan budaya religius Islam yang kuat. Di daerah ini pertanian dengan irigasi teknis masih banyak dijumpai, selebihnya kebanyakan bertanam ubi2an dan merupakan basis tebu rakyat Jawa Timur.

= Sumbermanjing Wetan = sedangkan di daerah tenggara punggungan terutama di Sumbermanjing Wetan merupakan basis agama sekte Kristen Jawi Wetan yang unik karena sejak jaman kolonial mempergunakan bahasa Jawa sebagai pengantarnya.

= Bantur, Sumbermanjing Kulon, Ngliyep = di wilayah punggungan sebelah barat kebanyakan dihuni oleh keturunan etnik Jawa - Blitar sehingga kawasan Malang selatan sangat unik karena memiliki kekayaan budaya dan bahasa yang beragam walaupun dalam suatu lingkup yang tidak terlalu luas. Di daerah Bantur, Sumbermanjing Kulon hingga Ngliyep dikenal akrab dengan kepercayaan mistikisme kejawen khas pantai selatan. Namun secara umum penduduknya adalah pemeluk agama Islam. Di kawasan ini terkenal dengan sebaran gua batu gamping alami dan pusat wisata alam pantai.

= Kepanjen, Karangkates = adalah daerah proyek pengairan Jawa Timur bagian selatan. Di tempat ini terdapat 2 bendungan besar yang mensuplai kebutuhan air irigasi dan PLTN yaitu Karangkates dan Sengguruh. Kebanyakan penduduknya memanfaatkan keberadaan bendungan ini sebagai irigasi teknis pertanian, perikanan darat dan kegiatan wisata. Namun kebanyakan penduduk selain bertani juga bermatapencaharian sebagai pedagang musiman dan buruh.

= Kawi = adalah salah satu wilayah unik yang memiliki komoditi utama ubi2an, ketela dan singkong. Selain itu wilayah gunung Kawi dikenal sebagai tujuan wisata mistik karena adanya makam keramat di salah satu lereng sisi selatan.

= Wlingi, Blitar = adalah jalur penghubung utama wilayah selatan Jawa Timur. Kabupaten dan Kotamadya Blitar memiliki kekhasan tersendiri sebagai kota kenangan bersejarah dan salah satu wilayah aneka perkebunan terbaik di Jawa Timur. Komoditi seperti hasil pertanian padi, tebu rakyat, jagung dan tanaman keras seperti cengkeh, tembakau serta buah2an seperti nanas dan rambutan sangat melimpah. Blitar juga dikenal sebagai kota perjuangan dan tempat lahir sekaligus makam proklamator / Presiden Pertama RI Ir. Soekarno

WILAYAH BARAT

Berbatasan dengan Kota Administratif Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri. Wilayah pegunungan Batu sangat terkenal di Indonesia karena kekayaan pemandangan alam dan industri pertanian, pariwisata dan peternakannya. Salah satu yang menonjol adalah industri rakyat susu sapi dengan mutu nasional.

= Dau, Karangbesuki, Oro2 Ombo, Karangploso, Pendem, Batu = disekitar wilayah ini sejak lama kebanyakan digunakan sebagai wilayah pertanian dan perkebunan terutama padi, apel dan jeruk dari beragam jenis. Belakangan dengan semakin luasnya perkembangan kota dan pemukiman banyak diantara lahan2 produktif ini beralih fungsi menjadi wilayah pengembangan bisnis properti. kompleks pemukiman baru terus tumbuh dan mendesak keberadaan lahan pertanian dan perkebunan. Wilayah Batu dinilai banyak pengamat pertanian terlambat dalam menyerap teknologi pertanian yang lebih maju sehingga produksi dan kualitas lahannya terus menurun dari tahun ke tahun. Muru produk juga semakin tidak menentu ditambah serbuan buah dan sayuran impor yang berkualitas internasional membuat produk pertanian Batu tidak lagi mampu menjadi tuan rumah di wilayahnya sendiri.

= Selecta, Punten, Junrejo, Sumber Brantas, Cangar = Daerah ini masih tetap menjadi pusat produksi buah dan sayuran terbesar di Batu. terutama jeruk, apel dan sayuran terutama kentang dan kobis. Namun dari tahun ke tahun produksi daerah ini semakin tersaingi oleh hasil produksi kawasan timur seperti Nongkojajar dan Poncokusumo - Tumpang. Apalagi daerah timur lebih cepat mengaplikasikan teknologi pertanian yang lebih baik dan maju, selain dukungan kualitas lahan yang masih terjaga baik. Selain itu daerah ini juga merupakan pusat agrowisata dan peristirahatan.

= Pujon, Selorejo, Ngantang = dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi dan peternakan yang unggul berskala nasional. Masyarakat sekitar juga merupakan contoh keberhasilan program Koperasi yang telah mampu mengangkat pendapatan rakyat. Kekayaan pemandangan alamnya yang diapit tebing curam merupakan daya tarik wisata tersendiri ditambah keberadaan Bendungan Selorejo di Ngantang merupakan tujuan wisata yang cukup ramai. Bendungan Selorejo dipergunakan sebagai irigasi teknis, PLTA dan pengembangan perikanan darat yang cukup maju.

= Kandangan, Pare, Kediri = Daerah ini mempunyai kekayaan hutan lindung dan tanaman buah yang cukup banyak ragamnya. Kelangkeng, rambutan dan durian adalah primadona produksi. kebanyakan penduduk bertani dan menjadi buruh / pekerja proyek musiman yang bekerja di daerah Malang dan Kediri serta Jombang. terutama kediri memiliki kekayaan wisata purbakala yang cukup banyak mengingat daerah ini merupakan pusat pemerintahan pada masa Kerajaan Kediri dan Daha. Kediri juga terkenal dengan tahu kuning dan industri rokoknya serta sungai Brantas yang membelah kotanya menjadi dua. Tentang sungai yang membelah kota ini konon adalah karena kucuran air Mpu Sindok yang terbang membagi wilayah kerajaannya menjadi dua untuk kedua puteranya.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar