Read more : http://www.wakrizki.net/2011/03/membuat-effek-zoom-gambar-di-blog.html#ixzz1PJMAYpiS

Malang sebagai Kota Pegunungan (dengan bahasa jaman jadul)


Karena disekitar Malang terdapat banjak gunung2, maka salah suatu olah raga jang sehat ialah mendaki gunung. Jang paling banjak dikundjungi orang ialah gunung Kawi (tinggi 2651 M.).

Gunung ini sangat menarik karena didekat desa Gendogosari terdapat makam Mbah Djugo jang sangat terkenal itu. Pada tiap2 malam Djum?at legi beribu-ribu orang Indonesia, Tionghoa dan bangsa2 lain berdujun-dujun datang kemakam tersebut. Dari tempat ini kita menikmati pemandangan alam jang indah. Selain dari ke gunung Kawi orang pun dapat mendaki gunung Ardjuno, Semeru dan Bromo. Terutama ke Semeru dan Bromo ini sangat menarik para pelantjong.

Dalam perdjalanan kesitu orang meliwati pegunungan Tengger jang didiami oleh bangsa Tengger jang masih memeluk agama Buddha. Hawa pequnungan Tengger ini dingin dan kering dan karenanja disana tendapat banjak tempat istirahat jang sehat, seperti di Puspo, Tosari, Ngadisari, Suka Pura dan Ranu Pane. Jang paling terkenal jalah Tosari, jang tingginya 1777 M. Hawa udara di musim dingin sampai 9? C dan musim panas paling tinggi 22? C. Pemandangan jg. dapat dilihat dari Tosari diwaktu udara bersih ialah Laut Djawa, Pulau Madura, Pasuruan, Bangil, Sukoredjo, Pandaan, Lawang dan Pantai Pasuruan. Dan Tosari dengan djelas dapat dilihat orang gunung2 Ardjuno, Penanggungan dan 1ain2. Dari Tosari ini dengan melalui Ranu Pani dan Ranu Gembolo, pelantjong dapat terus menudju kepuntjak gunung Semeru. Puntjak Semeru ini tingginja 13000 kaki. Untuk mendaki puntjak Bromo dahulu masih dapat dinaiki tangga dari beton jang terdiri lebih kurang 250 tingkatan, tetapi sekarang sudah tertutup pasir. Dipuntjak Bromo dapat dilihat kawah Bromo jang selalu bekerdja dan dapat pula orang memandang lautan pasir jang terkenal itu. Gunung Batok merupakan pemandangan jang sangat indah. Mendaki gunung Semeru dapat dilakukan melalui Tosari tetapi djuga ada perdjalanan lain liwat Tumpang, Pontjokusumo dan Kuntji. Perdjalanan mendaki gunung ini rnerupakan suatu olah raga jang menarik hati dan sangat sehat. Apabila orang ingin mendaki gunung Ardjuno maka dapat meliwati Pandaan, atau liwat Sumberawan didekat Singosari. Pemandangan dari puntjak gunung ini sangat indahnja, lebih2 diwaktu malam.

Demikianlah akan njata oleh setiap pelantjong bahwa kota Malang sungguh2 merupakan suatu kota pesiar jang istimewa dipulau Djawa ini. Orang bukan sahadja dapat berolah raga didalam kota, tetapi djuga dapat mandi ditempat-tempat pemandian jang indah dan permai disekitar kota seperti di Selecta dan lain2 ataupun orang dapat menikmati keindahan alam seperti di Batu dan lain2, pun djuga orang dapat mengundjungi air2 terdjun, tjandi2 dari peninggalan zaman dahulu kala ataupun pula mendaki gunung jang tinggi2.

Daerah sebelah Selatan Kota Malang memberikan pandangan beraneka-warna. Pabrik gula Kebun-Agung terletak hanja beberapa kilometer diselatan kota. Apabila kita meliwati djalan kesana, maka sebelah kiri dan kanan djalan terbentang sawah2 jang ditanami tebu. Selain dari tebu-pabrik maka penanaman tebu-rakjat sangat luasnja. Daerah ini terkenal sekali karena penghasilan-rakjat. Berangsur-angsur penggilingan tebu jang selama ini dilakukan setjara sederhana oleh rakjat, sekarang mulai ada jang digerakkan oleh mesin.

Sepandjang djalan ke Kepandjen banjak penduduk menanam nenas dan salak. Salak jang terkenal ialah dari daerah Suwaru. Didekat Pagak terdapat banjak kapur. Pemandangan daerah ini lain lagi dari daerah Sebelah utaranja, disebabkan adanja bukit2 kapur dan tempat2 pembakaran kapur jang banjak terdapat disana.

Apabila kita terus ke Selatan, sampailah kita di Nglijep, tempat pemandian jang indah dilautan selatan. Tempat ini dipelihara benar oleh Kabupaten sehingga menarik banjak pelantjong-pelantjong dari Surabaja, Malang, Blitar dan lain2 kota. Suatu pesanggrahan jang baik telah didirikan disana, sehingga orang dapat menginap. Pemandangan jang indah ialah diwaktu matahari akan terbit dan dikala sendja bila surja akan terbenam. Pasirnja jang putih serta pemandangan jang mengharukan hati diseling oleh empasan ombak, tidaklah mudah dapat dilupakan.

Didaerah Dampit terdapat perkebunan2 karet dan kopi. Terutama pemandangan dar lereng gunung Semeru ini menghadap kelautan Selatan sangat indahnja.

Demikianlah dengan tidak bosan2nja para pelantjong dapat menikmati alam jang indah dan beraneka-warna disekitar kota Malang. Pelantjong hanja tingqal memilih apakah Ia ingin mendaki gunung, menghirup udara jang- sedjuk-dingin, menunggang kuda, berdajung perahu, menikmati kesunji-sepian danau2 dilereng gunung Semeru, air2 terdjun, pemandangan lautan Selatan jang mengagumkan ataupun tjandi peninggalan masa djaja jang telah silam.

Mungkin tiada daerah jang lebih dikaruniai oleh Tuhan di Indonesia dengan begitu banjak keindahan2 pemandangan, sehingga pantaslah sudah apabila para pelantjong bagai tertarik oleh besi-berani menudju ke kota Malang, Kota Tamasja jang tiada bandinganja.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar