Read more : http://www.wakrizki.net/2011/03/membuat-effek-zoom-gambar-di-blog.html#ixzz1PJMAYpiS

Pulau Sempu – Jawa Timur


Gak usah jauh-jauh ke negeri orang, di negeri tercinta Indonesia kita punya laguna yang cantik, mirip yang ada di film The Beach-nya Leonardo Dicaprio. Lokasinya

terletak di Pulau Sempu, merupakan kawasan Taman Nasional yang berada di wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di daerah Malang Selatan.
Untuk mengunjungi pulau ini kita harus melapor dahulu ke petugas yang berwenang, kantornya ada di pantai Sendang Biru. Dari pantai inilah kita bisa menyewa perahu untuk menuju Pulau Sempu. Bagi yang nekad, saat air surut bisa juga menyeberang ke Pulau Sempu dengan berjalan kaki. Gambar di atas adalah di pintu Pulau Sempu di Pulau Semut.

Di Pulau Sempu terdapat beberapa lokasi yang menarik dikunjungi. Yang paling ramai dan mudah dicapai adalah Danau Segara Anakan. Danau ini sebenernya laguna di tepi pantai yang berbatasan dengan laut lepas, air laut masuk ke danau ini dari sebuah lobang karang. Warnanya jernih dan berwarna hijau tosca. Untuk mencapai danau ini kita berjalan kaki dari lokasi pendaratan (Teluk Semut) selama 1-2 jam.

Lokasi lain yang bisa dikunjungi adalah Pantai Panjang dan Danau Lele. Selain 3 lokasi ini, di sepanjang pesisir pantai Sempu banyak terdapat pantai-pantai kecil yang masih alami dan indah pemandangannya. Karena tidak ada penginapan, untuk bermalam di pulau Sempu pengunjung harus membawa tenda sendiri. Jangan lupa membawa air minum secukupnya karena di pulau ini sulit mendapatkan air tawar yang layak diminum.

Selain menjelajahi daratan Pulau Sempu, mengelilingi Pulau Sempu dari laut dengan naik perahu nelayan merupakan pengalaman yang menarik, karena banyak karang-karang unik di tengah laut dan pantai yang bisa kita amati.

Cara mencapainya :

Dari Terminal Arjosari – Malang naik angkot jurusan Gadang. Dari Gadang naik bis menuju Turen. Perjalanannya dilanjutkan naik angdes menuju Pantai Sendang Biru. Untuk mencapai Pulau Sempu bisa menyewa perahu nelayan, atau menyeberang dengan berjalan kaki saat air surut.

Sebaiknya berkunjung ke Pulau Sempu saat musim kemarau, karena saat musim hujan jalan setapak di pulau ini berubah menjadi jalan berlumpur yang sangat licin.


Berikut ini adalah peta menuju Pulau Sempu



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar