Read more : http://www.wakrizki.net/2011/03/membuat-effek-zoom-gambar-di-blog.html#ixzz1PJMAYpiS

Sejarah Olympus


Menurut kepercayaan Yunani, pada awal mula yang ada di alam semesta hanya kekosongan menyeluruh. Situasi kekosongan itu digambarkan sebagai khaos. Dari khaos timbulah dewa-dewa angkatan tua atau biasa disebut para Titan. Mereka dipimpin Kronos. Kronos memiliki sejumlah anak dari perkawinannya dengan Hera. Anak keenamnya bernama Zeus.

Seperti saudara-saudara lainnya, Zeus wajib dipersembahkan kepada sang ayah. Ibunya, dewi Hera, tidak tega anaknya yang keenam lagi-lagi mati karena kerakusan sang ayah. Maka ia menyembunyikan Zeus di suatu tempat. Sebagai gantinya, Kronos diberi makan batu.

Zeus selamat dan bertumbuh menjadi pemuda gagah. Ketika dewasa, Zeus memberi Kronos obat untuk memuntahkan semua putra-putrinya. Bersama Zeus, putra-putrinya itu melawan para dewa angkatan tua. Dengan bersenjata halilintar yang dicuri dari angkatan tua, mereka memenangkan pertempuran dan menguasai seluruh alam semesta.

Dewa Dewi Olimpus
Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Hermes, Hefestus, Aphrodite, Athena, Apollo dan Artemis selalu masuk dalam daftar Dewa Dewi Olimpus. Dua dari Hebe, Helios, Hestia(Hestia menyerahkan posisinya sebagai anggota Olimpus kepada Dionisius agar dapat hidup bersama manusia [akhirnya dia diangkat sebagai penjaga api di Olimpus] maka ia menolak disebut sebagai anggota Olimpus. Persefone tingal selama 6 bulan setiap tahunnya bersama suaminya Hades di dunia bawah tanah (konon mengakibatkan kegersangan di musim gugur dan dingin). 6 bulan lainnya, ia boleh kembali ke Olimpus dan tinggal bersama ibunya, Demeter. Walaupun Hades termasuk dewa utama Yunani, tetapi karena tinggal di dunia bawah tanah maka ia tidak erat dengan Olimpus. Dalam kisah lain, Helios memberikan tempatnya untuk Apollo. Hebe, seorang pembawa cawan anggur bagi para dewa menyerahkan posisinya di Olimpus untuk menikahi Herakles yang menjadi dewa Olimpus setelah wafat.), Demeter, Dionisius, Hades dan Persefone menjadi pelengkap dari kesepuluh dewa dewi itu

Ada 12 Dewa Olimpus juga dikenal dengan sebutan Dodekatheon dalam Mitologi Yunani adalah dewa dewi utama Yunani yang tinggal di puncak Gunung Olimpus. Ada sekitar 17 dewa dewi yang dianggap 12 Dewa Olimpus walaupun jumlahnya tidak lebih dari dua belas dalam satu daftar.

Karakteristik 12 Dewa Olimpus
Setiap dewa dewi dalam Mitologi Yunani memiliki setidaknya satu unsur yang dikuasai dan dilindunginya. Unsur itu masing-masing adalah :

1. Zeus adalah pemimpin para dewa, penguasa Olimpus, dewa iklim dan cuaca.
2. Hera, istri Zeus, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan dan kesetiaan.
3. Poseidon adalah dewa laut.
4. Ares adalah dewa perang dan pembantaian.
5. Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang,penggembala dan penghiburan. Ia juga utusan dewa Zeus.
6. Hefestus adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata.
7. Aphrodite adalah dewi cinta, seks dan keindahan fisik.
8. Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni dan pendidikan.
9. Apollo adalah dewa cahaya, musik, tarian, obat-obatan dan pelindung para pepanah.
10. Artemis adalah dewi pelindung hewan, perburuan, kesuburan dan kesucian.
11. Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris dan pelindung bahtera perkawinan.
12. Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian.

Mereka membagi dunia ini menurut keinginan mereka. Zeus menjadi pemimpin para dewa Olimpia, Poseidon menjadi dewa laut, Apollo atau Phevos menjadi dewa matahari, dan lain-lainnya


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

1 komentar: