Read more : http://www.wakrizki.net/2011/03/membuat-effek-zoom-gambar-di-blog.html#ixzz1PJMAYpiS

Obama Kampanye Melalui Blog

Siapa sih yang tidak kenal dengan Barack Obama saat ini? sang presiden baru negara adikuasa yang sangat fenomenal tersebut. Berhasil mendobrak persepsi selama ini yang mengatakan bahwa presiden Amerika harus berasal dari ras kulit putih. Kharismanya yang kuat dan disupport oleh banyak orang serta timbulnya sikap pesimis warga Amerika terhadap gaya pemerintahan ala George Bush, menjadi point utama kemenangan Barack Obama menuju gedung putih.
Tentu untuk menarik perhatian dan mengambil simpati rakyat Amerika, bukanlah hal yang mudah, banyak strategi kampanye yang diterapkan, namun salah satu trik kampanye yang mulai banyak dilirik yaitu internet, dan Obama-pun membuktikannya. Lihat saja judul salah berita di internet ” Keampuhan Internet Bikin Obama Jadi Presiden”.



Bagaimana sih cara kampanye di Internet ? banyak cara tentunya, namun yang paling banyak dilakukan adalah melalui website dan blog. Dengan kampanye melalui website ataupun blog, maka materi kampanye akan segera sampai ke seluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas geografis, bayangkan saja, jika Obama melakukan kampanye pada salah satu daerah di negara bagian, maka hanya warga disana yang tahu. Nilai ekspos yang begitu kuat, membuat blog menjadi salah satu andalan kampanye Obama.

Strategi Obama yang agresif memanfaatkan website dan blog sangat berperan besar dalam menggalang dukungan dari semua kelas sosial dan dalam meraup dana kampanye. Sehingga Simon Rosenberg (mantan tim kampanye Bill Clinton), mengatakan “Obama melakukan kampanye dengan perangkat yang amat modern”. Dia telah mengubah bagaimana cara berkampanye”.

Melaui website dan blognya, Obama berhasil menghimpun sekitar 1.5 juta akun keanggotaan dan mengumpulkan dana kampanye mencapai US$ 600 juta dari pendukungnya, sungguh suatu nilai dukungan yang belum pernah diraih oleh presiden Amerika sebelumnya. Ralph Benko, konsultan politik di firma Capital City Partners pun menyatakan bahwa kemenangan Obama akan terus dipelajari di waktu mendatang dalam soal bagaimana pelaksanaan pemilu amat terpengaruh oleh teknologi, utamanya internet.

Begitu besar peran internet, utamanya fasilitas website dan blog dalam menyampaikan segala aspirasi dan informasi, membuat peran website dan blog di dunia maya, tidak diragukan lagi. Apalagi saat ini, sangat banyak sekali tersedia provider yang menyediakan fasilitas untuk membuat blog secara gratis, dan dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah pula, modal anda hanyalah koneksi internet untuk menjadi blogger.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar