Read more : http://www.wakrizki.net/2011/03/membuat-effek-zoom-gambar-di-blog.html#ixzz1PJMAYpiS

Bagaimana Membuat Lagu

Banyak yang bertanya bagaimana membuat lagu.

Duh, …bagaimana ya prosesnya?

Sebenarnya membuat lagu itu tergantung dari apa yang kita miliki, atau kemampuan kita dalam membuat irama.

Pertanyaan pertama, apakah harus bisa menguasai alat musik?



– mm..kalo bisa menguasai alat musik, itu lebih baik. Tapi konon Titiek Puspa tidak pernah bisa memainkan alat musik (kok Titiek Puspa? ya mungkin karena cuma dia contoh orang yg bisa bikin lagu tanpa harus memainkan alat musik). Tapi…(ini penting)..dia harus didampingi oleh orang yg bisa bermain musik, artinya melodi-melodi yg diciptakan secara oral harus kembali ditransfer dalam bentuk harmoni. Sang Titiek Puspa dulu punya suami Mus Mualim yang seorang jazzer, sehingga dia mudah saja mentransfer lagu berdasarkan melodinya.

Setidaknya sebuah gitar saja bisa digunakan untuk membuat sebuah lagu. Kita tinggal memainkan kunci-kunci dan bersenandung. Apakah kita harus menguasai semua kunci-kunci yg rumit? Tidak, karena sebuah kunci Aminor saja bisa melahirkan sebuah lagu yg sangat indah.

Kelompok musik Sade adalah salah satu contoh pembuat musik dengan minimalisasi kunci.

Contoh lainnya adalah George Michael. Di lagunya Careless Whisper, dia hanya memainkan 3 kunci!

Itu awalnya.

Nanti kita lanjut sampai ke bagian bagaimana kita membuat lagu dengan format MIDI, mengaransemennya dengan software computer (pake Cakewalk Pro Audio), hingga take vocal dan mixing (pake CoolEdit).



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

1 komentar:

  1. hmmm..bgt yaks!! aq pernah low buat lagu waktu anak dulu *beneran nih* judulnya three lion hehehe..lucu abiz...tp klo bikin lagu gampang gini kira2 aq bisa jd terkenal g yaks secara suara kuw tuw selevel ma BCL kecebur di comberan hahahaha...

    BalasHapus